C-Game merupakan singkatan dari Contextual and Game. Contextual yang dimaksud adalah Contextual Teaching and Learning. Contextual Teaching and Learning merupakan proses pembelajaran yang bertujuan membantu siswa untuk memahami makan materi ajar dengan mengaitkan terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari. Adapun game atau permainan merupakan upaya guru supaya proses pembelajaran lebih cair tanpa banyak ketegangan dalam upaya memahami materi ajar. Game ini digunakan untuk mengetahui pemahaman materi disamping untuk membuat suasana pembelajaran lebih ceria. Dengan C-Game diharapkan aktivitas belajar dan nilai ulangan siswa meningkat sehingga KKM bisa tercapai. Proses pembelajaran C-Game ini dapat dilakukan dalam kelompok besar dan kelompok kecil.
Pada kelompok besar akan menjadikan siswa lebih fokus pada materi pelajaran. Harapan dari proses ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Dengan jumlah 6 tiap kelompok akan mampu menjadikan aktivitas siswa dalam memahami materi pelajaran lebih mudah. Keaktifan, perhatian, kerjasama dan tanggung jawab siswa akan meningkat. Bilamana aktivitas belajar siswa meningkat harapannya prestasi belajar juga meningkat.
Proses pembelajaran C-Game dalam kelompok kecil akan menjadikan siswa lebih focus lagi karena jumlah anggota kelompoknya lebih sedikit. Dengan jumlah anggota yang sedikit menjadikan proses penyamaan konsep semakin mudah. Dengan anggota yang sedikit ini akan menjadikan aktivitas belajar siswa lebih terasa. Keaktifan, perhatian, kerjasama dan tanggung jawab juga meningkat. Apabila metode ini diterapkan maka aktivitas belajar dan hasil belajar siswa belajar biologi diharapkan akan meningkat dibanding dengan kelompok besar.
Melalui tulisan ini penulis ingin menunjukkan penggunaan metode C-Game dalam meningkatkan aktivitas belajar Biologi. Artikel lengkap mengenai aplikasi C-Game tersebut dapat dilihat pada link berikut