SEKILAS INFO
15-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
19
Jun 2024
0
Kemah Akhir Tahun SMA Batik 1 Surakarta

Surakarta — Pada Senin, 10 Juni sampai dengan Selasa, 11 Juni 2024, telah dilaksanakan kegiatan Kemah Akhir Tahun  dengan tema “Bergerak Mewujudkan Generasi Emas  di Bumi Perkemahan Agrowisata Kampung Karet Ngargoyoso, Karanganyar oleh Dewan Ambalan SMA Batik 1 Surakarta yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X. Kemah akhir tahun ini adalah kegiatan yang dilaksanakan secara wajib setiap tahun dan wajib pula diikuti oleh siswa-siswi kelas X Batik 1 Surakarta. Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memenuhi nilai ekstrakurikuler pramuka wajib siswa. Di samping itu, melalui kegiatan ini, siswa-siswi kelas X diharapkan mampu menjadi pribadi yang mandiri, kompak, peduli lingkungan alam, kreatif, dan mampu menerapkan secara langsung materi kepramukaan. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan Kemah Angkatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Ibu Sri Munarsih dan dilanjutkan dengan materi kepemimpinan dari Kepala Sekolah, Bapak Sutana. Setelah materi kepemimpinan, para peserta diajak untuk belajar tentang teknologi kepramukaan seperti membuat tandu, membuat bivak, mengenal obat-obatan,dll.

Malam harinya sebagaimana kegiatan perkemahan, dilaksanakan kegiatan api unggun. Api unggun adalah sebuah momen kebersamaan di puncak kedinginan malam. Seluruh peserta membentuk lingkaran mengikuti upacara api suci detik-detik menyalanya api dan bersiap menampilkan pentas seni dari beberapa kelompok. Upacara berjalan khidmat, peserta menyaksikan satu-persatu api Dasa Dharma menyala, roket rakitan tangan meluncur ke tumpukan kayu bakar, dan menyajikan pertunjukan kembang api sebagai puncak dari momen yang amat sakral. 

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan dilaksanakannya senam bersama ditengah dinginnya udara pagi dipandu oleh panitia diikuti oleh seluruh peserta dan guru-guru SMA Batik 1 yang menjadi pendamping kegiatan kemah. 

Keseruan tidak berakhir begitu saja, karena masih ada kegiatan kebersamaan jelajah alam. Para siswa diajak untuk lebih kenal dengan alam diikuti dengan game-game yang harus mereka selesaikan di setiap Posnya. Setelah melalui seluruh rangkaian kegiatan, kemah akhir tahun diakhiri dengan upacara penutupan sekaligus pengumuman pemenang game. 

Melalui dua hari penuh aktivitas yang seru dan bermanfaat dalam kegiatan Kemah Akhir Tahun telah memberikan kesan yang dapat dikenang oleh peserta. Kesan penuh kenangan ini akan terus berlanjut dan meningkat seiring dilaksanakannya kegiatan Kemah Angkatan setiap tahun. Semangat peserta untuk mengikuti kegiatan perkemahan sangat luar biasa membuktikan bahwa siswa-siswi SMA Batik 1 Surakarta siap beradaptasi dan bersikap mandiri dalam segala kondisi ke depannya.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146