SEKILAS INFO
20-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
2
Nov 2023
0
Kerjasama Internasional; Mendorong Motivasi Siswa Untuk Belajar di Luar Negeri 

Misi kebudayaan merupakan salah satu tujuan mengapa generasi muda harus peduli untuk memiliki pengetahuan internasional. Pemuda mempunyai peran yang besar dalam memajukan negara, salah satunya melalui peran aktif dalam kegiatan sekolah. Dalam ikut serta ambil bagian untuk mewujudkannya, SMA Batik 1 Surakarta melalui program kelas Internasional memiliki agenda yang mendukung siswa untuk dapat bersosialisasi maupun bersaing di kancah Internasional. Pada awal Oktober lalu, siswa kelas XII telah melaksanakan campus trip ke Singapura; dan pada kesempatan ini, 24 – 27 Oktober 2023, siswa kelas XI  dengan tujuan ke Malaysia. Program tahunan ini dapat memperluas ilmu pengetahuan baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Perjalanan dimulai pada 24 Oktober 2023. Berangkat dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, sejumlah 31 siswa kelas XI dan 4 guru pendamping yaitu kepala sekolah, Sutana, S.Pd.,M.Pd.; wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Sri Munarsih, S.Sen.,M.Hum.; dan tim kelas Internasional Witria Kusuma Dewi, S.Pd.,M.Si., dan Zaenul Arifin, S.Pd.,M.Pd. siap membuka cakrawala baru.  Mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), tempat pertama yang dikunjungi adalah Masjid Putra Jaya. Siswa mengenali bangunan dan sejarah dibalik tempat ini. Mereka juga melaksanakan salat dzuhur dan ashar.

Melanjutkan perjalanan, siswa menuju hotel dan beristirahat sejenak sebelum menikmati seluruh waktu menuju menara Petronas, Malaysia. Menjelajahi menara Petronas di malam hari merupakan waktu yang sangat berharga karena bangunan tersebut adalah salah satu gedung tertinggi di dunia. 


Di hari ke-2, siswa melakukan campus trip ke Universitas Asia Pacific (APU). Tiga jam menghabiskan waktu di kampus ini, beberapa aktivitasnya yaitu general stadium, siswa mendengarkan penjelasan dari staf bidang kerjasama internasional, Lyeah. Dalam penjelasannya, Lyeah bercerita tentang kehidupan kampus khususnya mahasiswa Internasional. Kampus ini termasuk dalam kampus bintang 4 di Malaysia, dan salah satu siswa kelas Internasional kelas XII telah diterima di kampus ini. Agenda selanjutnya adalah melakukan praktik di laboratorium. Para siswa mengikuti sesi yaitu Rudimentary Pyton. Aktivitas ini adalah dasar dari computer programming. Kunjungan diakhiri dengan kampus tur, setelah itu mengunjungi tempat ikonik yaitu Genting Highland.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan Memorandum of University (MoU) di Management and Science University (MSU) Malaysia dan Islamic International School Malaysia. MoU ini salah satunya bertujuan untuk mempererat hubungan antara SMA Batik 1 Surakarta dengan sekolah dan perguruan tinggi tersebut. Selain itu, dengan penandatangan MoU ini diharapkan siswa dapat termotivasi untuk belajar baik dalam pertukaran pelajar ataupun melanjutkan kuliah di luar negeri. Dalam kesempatan ini, siswa juga menampilkan tari tradisional sebagai penutup acara dan menghangatkan suasana. Pada akhirnya, siswa diharapkan dengan maksimal mengambil manfaat dari kesempatan ini untuk dapat menambah wawasan keilmuan dan kemampuan mengoptimalkan talenta diri di kancah Internasional. 

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146