SEKILAS INFO
15-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
22
May 2023
0
Siswa SMA Batik 1 Surakarta Mengikuti Diklat Bela Negara SMA 2023 yang Diselenggarakan Kemenhan RI

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) menggelar Diklat Kader Muda Bela Negara SMA 2023 di SMA Taruna Nusantara Magelang. Yusuf Pranata Dwi Nugroho, siswa kelas X-8 SMA Batik 1 Surakarta yang lolos, mengikutipPendidikan dan pelatihan Bela Negara SMA 2023 yang Diselenggarakan Kemenhan RI pada pada Senin, 8 Mei hingga Sabtu, 13 Mei 2023 di Balairung Pancasila Kampus SMA Taruna Nusantara Magelang. Diklat bela negara ini diikuti oleh 500 siswa-siswi SMA se-Jawa Tengah. Programyang bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme dan semangat bela negara yang tinggi ini sangat mendapat perhatian yang tinggi dari civitas akademik di SMA Batik 1 Surakarta.

Dalam pelaksanaannya, Diklat Bela Negara SMA 2023, dibuka dengan upacara pembukaan oleh KaBadiklat Kemhan Mayjen TNI Tandyo Budi, R.S.Sos., bersama Kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Drs. Samsudin.

Tujuan dari kegiatan ini juga sebagai sarana untuk memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme dari setiap siswa, serta memberikan edukasi tentang pentingnya rasa cinta tanah air kepada Bangsa Indonesia. Selama kegiatan berlangsung, peserta didik mendapatkan edukasi melalui materi yang telah diberikan, seperti Building Learning Commitment, Pengantar dan Nilai Dasar Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan, Kewaspadaan Dini, Sistem Pertahanan Semesta, Sejarah Perjuangan Bangsa hingga Keterampilan Bela Negara (outbound).

Selain itu, terdapat pula penyuluhan tentang bahaya narkoba oleh Dr. Bogie Perwira Nusa, S.H., S.H.I., M.H., M.Si., M.A.P (Kepala BNN Kab. Magelang). Kemudian kegiatan diklat juga diwarnai dengan hadirnya Letkol (Tit.) Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo, Ph.D. (Deddy Corbuzier) sebagai pengisi ceramah motivasi untuk seluruh peserta Diklat Bela Negara. Lalu diadakan pula kegiatan Peraturan Baris Berbaris (PBB) untuk menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab kepada siswa.

Bagi Yusuf Pranata Dwi Nugroho (X-8) Kegiatan ini memberikan pemahaman dan spirit nasionalisme yang tinggi untuk pribadinya dan siap mengemban tugas mulia jika negara membutuhkan tenaga dan pikirannya untuk nusa bangsa dan negara.  “ Diklat ini memberikan manfaat besar untuk disiplinan, kemandirian, kebersamaan, kerjasama, kepekaan tentang lingkungan sekitar, bagi diri saya pribadi sebagai pelajar di SMA Batik 1 Surakarta “ Ujarnya.

​Yusuf Pranata D N (X-8) juga sangat berterima kasih sekali kepada SMA Batik 1 Surakarta yang memberikan kesempatan dan dukungan sepenuhnya selama mengikuti pendidikan dan latihan Bela Negara SMA 2023. Kesempatan yang tidak akan mungkin terulang untuk kedua kalinya, Bagi Yusuf  sekolah telah memberikan pengalaman terbaik untuknya, semoga kelak Yusuf dapat membangun dan memberikan kontribusi yang baik untuk negara Republik Indonesia tercinta.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146