SEKILAS INFO
20-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
10
May 2023
0
Rekayasa Teknologi Upaya Mendukung Kelestarian Lingkungan

Surakarta-Menjelang akhir tahun ajaran 2022-2023, SMA Batik 1 Surakarta kembali menggelar pameran karya dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema rekayasa teknologi. Projek dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas X dengan antusias. Berbagai ide kreatif tentang teknologi yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan berjalan dengan lancar.

Melalui projek ini, para pelajar belajar tentang aplikasi teknologi dalam meningkatkan kemampuan dan hasil karya mereka dalam bidang rekayasa. Mereka diberi kebebasan dalam memilih topik dan jenis projek yang ingin mereka kerjakan, dan diberi waktu selama tiga pekan untuk menyelesaikan projek-projek ini.

Hasilnya sangat memuaskan, dengan berbagai jenis projek yang berhasil diciptakan oleh para pelajar. Beberapa contoh projek yang berhasil diselesaikan antara lain:

– Pembuatan AC sederhana dari bahan bekas

– Pembuatan filter air sederhana

– Pembuatan vacum cleaner dan alat penyapu otomatis

– Pembuatan berbagai prodak lainnya dengan barang bekas dan limbah.

Menurut salah satu pelajar di SMA ini, projek ini berhasil meningkatkan keterampilan dan kepandaian para pelajar dalam memanfaatkan teknologi dalam menciptakan solusi bagi berbagai masalah. “Projek ini juga membantu meningkatkan semangat kerja tim dan kerjasama antar pelajar yang sangat berguna untuk bersaing di dunia industri di masa depan,” ujar salah satu siswa.

Diharapkan projek ini dapat menjadi salah satu contoh yang baik dalam menciptakan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan memotivasi para pelajar untuk berkreasi dengan teknologi. Selamat untuk para pelajar SMA di seluruh Indonesia yang telah menyelesaikan projek ini dengan sukses!

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146