SEKILAS INFO
23-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
4
Apr 2023
0
Pesantren Ramadhan SMA Batik 1 Surakarta

Bulan suci ramadhan sudah akrab dengan berbagai kegiatan Islami didalamnya,tak terkecuali Pesantren Kilat Ramadhan. Setelah dua tahun lamanya kegiatan luring vakum dikarenakan pandemi, akhirnya pada tahun 2023 ini bisa kembali melaksanakan kegiatan seperti pesantern ramadhan secara tatap muka. Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Bulan Ramadhan ini, Damba (Dai Muda Batik) dan KKI (Koordinator Kegiatan Islam) SMA Batik 1 Surakarta mengadakan Pesantren Ramadhan yang berlangsung di asrama haji donohudan pada hari Rabu, 29 Maret 2023 sampai dengan Jumat, 31 Marat 2023. Kegiatan yang bertajuk “Cinta Ramadhan, Cinta Al Quran” ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 10.

Pesantren Ramadhan dimulai dari jam 07.30 diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh bapak kepala sekolah SMA Batik 1 Surakarta, Bapak Sutana, S.Pd., M.Pd. yang selanjutnya melaksanakan sholat dhuha bersama dan tadarus Al-Quran. 

Materi inti kegiatan pesantren ramadhan  diisi oleh Damba Smabasa dan KKI Smabasa. Adapun materi kegiatan ini diantaranya tentang aqidah, adab, thaharoh, dan bakti kepada orang tua. Selain materi, para siswa juga diajak untuk melaksanakan praktik kultum dan setoran hafalan Quran. Rangkaian acara demi acara berlangsung dengan lancat. Selama tiga hari ini juga para siswa juga dilatih untuk lebih mandiri dan tidak bergantung pada gatget. Harapannya, setelah kembali dari kegiatan pesantren ini para siswa memperoleh pelajaran dan perilaku untuk menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan ini telah disiapkan oleh KKI dan Damba SMA Batik 1 Surakarta, dalam mempersiapkan acara tersebut KKI dan Damba sebelumnya telah melaksanakan pembentukan panitia dan merancang susunan kegiatan sehingga bisa berjalan dengan lancar dan antusias para peserta Pesantren Kilatpun begitu semangat. 

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146