SEKILAS INFO
16-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
15
Mar 2023
0
"JEPURA" Inovasi Karya Siswa SMA Batik 1 Surakarta

Tim Lomba Krenova 2022 dari SMA Batik 1 Surakarta Surakarta yaitu Tabina Amanda Diasvy dan Nazara Raskhy Ramadhan beserta guru pendamping Bapak Nasrudin diundang oleh Badan Pengembangan dan penelitian Daerah Kota  pada kegiatan Guyub Inovasi digital dalam rangkaian acara SOLO CREATECH (Creative & Tech) di Solo Technopark. Kegiatan Solo Createch diselenggarakan selama dua hari dari Minggu, 5 Februari 2023 hingga Senin, 6 Februari 2023 m. Pada hari Minggu, 5 Februari 2023 Stand pameran Jepura dari SMA Batik 1 Surakarta mendapat kunjungan dari Mensesneg Bapak Praktikno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Bpk. Airlangga Hartanto, dan didampingi Walikota Solo Bapak Gibran Rakabuming Raka. 

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari lomba Krenova 2022 yang lalu. Para inovator yang menjadi juara Kreanova 2022 diundang dalam event ini yang salah satunya adalah tim SMA Batik 1 Surakarta.Pada kegiatan ini, produk yang dipamerkan dari SMA Batik 1 Surakarta adalah Jepura yang merupakan produk pengusir hama yang terbuat dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

“Awalnya ide terbentuk dari pengalaman kami ketika menyimpan uang di lemari yang selalu di ganggu oleh hama. Kemudian, ternyata terdapat jurnal yang membahas mengenai daun jeruk purut yang mampu mengusir hama (termasuk hama rumah tangga). Selanjutnya kami mulai mengembangkan ide tersebut hingga terbentuklah JEPURA, produk pengusir hama rumah tangga. Dan untuk saat ini kami lebih memfokuskan pada hama kutu beras. Ide yang telah kami buat dan kembangkan akhirnya kami ikutkan pada event krenova kota surakarta dan alhamdulillah mendapat Juara 2 dan mendapat bimbingan selama kurang lebih 3 bulan. Kemudian, kami di percayai untuk menjadi wakil dari kota solo dalam lomba Krenova tingkat Se-Sukawonosraten yang diadakan pada 16 Maret mendatang,” ucap Tabina.

Harapannya pada event Krenova selanjutnya, SMA Batik 1 Surakarta ekskul di SMA Batik 1 Surakarta, terutama pada ekskul Karya Ilmiah Remaja dapat mengirim perwakilan dengan ide yang lebih luar biasa. 

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146