SEKILAS INFO
15-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
30
Oct 2022
0
Study Campus to Malaysia; Persiapan Menuju Universitas Impian

Senin (24 Oktober 2022) sejumlah 36 siswa kelas XI Internasional didampingi tiga guru pendamping SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan kunjungan kampus ke Malaysia. Kunjungan kampus di luar negeri ini merupakan salah satu dari program di kelas internasional SMA Batik 1 Surakarta dan sebagai tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya yaitu penandatanganan MoU dengan beberapa kampus di Malaysia.

Kegiatan dilaksanakan di beberapa universitas ternama di Malaysia yang di antaranya adalah Multimedia Melaka University (MMU), Cyberjaya dan Asia Pacific University, Kuala Lumpur. Di MMU, siswa berkesempatan untuk mengikuti campus tour dan short course dalam kelas Cinematic fakultas seni cinematik. Dalam short course tersebut siswa belajar langsung tentang bagaimana mengombinasikan potongan dari beberapa video untuk menjadi sebuah karya sempurna yaitu film layar lebar. Pada kesempatan yang sama, bersama dengan mahasiswa tingkat tiga jurusan tersebut, siswa mendapatkan lecturing tentang mengkritisi sebuah film.

Pembelajaran yang berlangsung menggunakan bahasa Inggris tidak menjadi masalah bagi siswa karena mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam pembelajaran di kelas. 

Menurut Muhammad Farel, salah satu siswa kelas Internasional yang tertarik pada bidang editing dan perfilman, menyatakan bahwa program yang diadakan sekolah ini mendorong semangat untuk belajar lebih dan lebih, khususnya pada bidang yang dicintai yaitu cinematografi. Menurutnya, pemilihan tujuan universitas yang futuristik dan relevan dengan bidang yang diminati anak saat ini adalah tepat. 

Setelah MMU, kunjungan kedua berlanjut di APU University, dimana siswa dapat melihat perkembangan teknologi digital yang sangat pesat dan bersaing di dunia saat ini. Bukan hanya sekadar ‘mampir‘ tetapi siswa memiliki andil dalam beberapa kegiatan seperti game production dan robotic. 

Setelah belajar dan melihat beberapa kampus yang ada, para siswa juga diajak untuk mengunjungi beberapa landmark yang berada di Malaysia seperti Menara Petronas, Masjid Pink, dan Batu Caves.

Kunjungan siswa ke Malaysia ini merupakan langkah awal upaya mengenalkan universitas ternama dunia kepada siswa agar siswa memiliki self motivation untuk bersaing di kancah internasional. Kedepan, beberapa universitas Internasional di luar negeri lainnya khususnya ASIA menjadi list tujuan dalam pelaksanaan program study campus yang dilaksanakan di kelas Internasional SMA Batik 1 Surakarta.

Penulis: Witria Kusuma Dewi

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146