SEKILAS INFO
15-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
16
Sep 2022
0
Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Peserta Didik SMA Batik 1 Surakarta dengan Screening Kesehatan

Surakarta-Hari Kamis dan Jumat tanggal 15-16 September 2022 petugas Kesehatan dari Puskesmas Pajang Laweyan melakukan Screening secara menyeluruh terhadap para peserta didik di SMA Batik 1 Surakarta. Adapun proses rangkaian Screening meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut.

Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini peserta didik yang memiliki masalah kesehatan. Kegiatan tersebut dilakukan agar para siswa yang teridentifikasi punya masalah kesehatan bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik. 

Adapun tindakan yang kemudian diambil pihak sekolah terhadap peserta didik yang bermasalah kesehatannya adalah merujuk ke Puskesmas Pajang Laweyan yang lokasinya tidak jauh dari sekolah, dengan membawa surat rujukan yang diberikan oleh dokter pemeriksa pada screening kesehatan.

Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Hal ini karena kesehatan memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan belajar bagi peserta didik. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan para peserta didik SMA Batik 1 Surakarta mampu mengikuti kegiatan belajar secara maksimal dan memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146