SEKILAS INFO
02-10-2022
  • 11 bulan yang lalu / Silahkan melakukan Pendataan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di https://smubatik1-slo.sch.id/ppdb/
  • 11 bulan yang lalu / 08 – 22 November 2021, Pembelajaran Projek bagi siswa Kelas X (Program Sekolah Penggerak)
  • 11 bulan yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
9
May 2022
0
Kunjungan Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Terkait Implementasi Program Sekolah Penggerak SMA Batik 1 Surakarta

Senin (9/5), SMA Batik 1 Surakarta mendapat kunjungan dari perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah yaitu Bapak Suparno, S.Pd, M.M Kepala Labschool Jakarta dan Ibu Uce Veriyanti dari Direktorat SMA. Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan pengumpulan data implementasi praktik baik dalam penerapan Program Sekolah Penggerak (PSP) yang sudah dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta. 

Program Sekolah Penggerak (PSP) sendiri berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak. Monitoring ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana PSP ini diterapkan di SMA Batik 1 Surakarta. 

SMA Batik 1 Surakarta dipilih menjadi sumber data dalam monitoring ini dikarenakan SMA Batik 1 Surakarta dirasa sudah melaksanakan PSP dengan baik dan diharapkan sebagai rujukan bagi sekolah-sekolah yang lain. Adapun data yang diambil dari kunjungan ini antaralain:

1) Praktik-praktik baik transformasi yang terjadi pada program sekolah penggerak (PSP) (perubahan yang baik / bergerak dari titik a ke titik b);

2) Praktik-praktik baik pembelajaran terdeferensiasi;

3) Praktik-praktik baik pembelajaran berbasis proyek;

4) Praktik-praktik baik peningkatan literasi & numerasi di sekolah pada tiap mata pelajaran;

5) Praktik-praktik baik coaching & mentoring oleh sekolah (kepala sekolah);

6) Praktik-praktik baik peningkatan kondisi lingkungan sekolah yang aman & nyaman untuk siswa belajar (bebas bullying, radikalisme & intoleransi,serta kekerasan seksual).

Sempel diambil dari analisis dokumen, sharing, dan wawancara kepada para pimpinan, guru, dan siswa yang telah mengaplikasikan program PSP ini. Dari hasil temuan data yang diperoleh ini nanti akan dijadikan sebagai patokan penerapan program yang dilakukan secara bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146