SEKILAS INFO
16-05-2022
  • 6 bulan yang lalu / Silahkan melakukan Pendataan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di https://smubatik1-slo.sch.id/ppdb/
  • 6 bulan yang lalu / 08 – 22 November 2021, Pembelajaran Projek bagi siswa Kelas X (Program Sekolah Penggerak)
  • 7 bulan yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
11
Apr 2022
1
Belajar Menjadi Entrepreneur Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebagai salah satu rangkaian pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, SMA Batik 1 Surakarta menyelenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada 11-12 April 2022. Projek kali ini bertema kewirausahaan yang dipamerkan dalam bentuk bazar atau expo di halaman SMA BAtik 1 Surakarta. Adapun rangkaian kegiatan Projek kali ini dibuka dengan sambutan Waka Kurikulum, Bapak Moh. Setio dan diresmikan oleh Bapak Sutana selaku Kepala SMA Batik 1 Surakarta, dilanjutkan berkeliling meninjau ke seluruh stand expo yaitu pameran produk-produk kewirausahaan hasil kreasi para siswa. Produk yang dijual di stand berupa aneka makanan tradisional maupun modern, kue basah dan kue kering, juga berbagai produk kerajinan hand made karya siswa seperti hand bag, clay, buket bunga dan buket snack.

Selain sebagai bagian dari program penguatan profil pelajar pancasila, maksud dan tujuan expo ini yaitu memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil, mengasah jiwa entrepreneurship ( wirausaha ) sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama, tanggung jawab, serta pantang menyerah.

Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 08.00-11.00 WIB ini bukan hanya sekadar ajang untuk mengimplementasikan ilmu ekonomi dan kewirausahaan yang didapatkan dari pembelajaran di kelas saja, tetapi juga sebagai ajang kompetisi antar kelas untuk menampilkan produk dan desain stand terbaik.

Para siswa sangat antusias dan berupaya semaksimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik. Mereka mendesain stand dan produk mereka dengan menarik diiringi dengan upaya persuasif untuk menarik konsumen. Ternyata para pengunjung yang hadir, bapak ibu guru, dan juga sesama siswa sangat antusias dan mengapresiasi produk yang dijual di Expo Kewirausahaan ini. Hal ini terbukti dalam waktu yang tidak lama produk yang mereka tawarkan di stand masing-masing kelas habis terjual. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi para calon entrepreneur muda dari SMA Batik 1 Surakarta.

Majalah EDUKASI, Wednesday, 13 Apr 2022

Selamat dan sukses. Majalah EDUKASI Siap mendukung SMA Batik 1 Surakarta

Reply

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146