SEKILAS INFO
16-05-2022
  • 6 bulan yang lalu / Silahkan melakukan Pendataan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di https://smubatik1-slo.sch.id/ppdb/
  • 6 bulan yang lalu / 08 – 22 November 2021, Pembelajaran Projek bagi siswa Kelas X (Program Sekolah Penggerak)
  • 7 bulan yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
19
Mar 2022
0
Sosialisasi International Partnership Program dari Global Katalys e.V Suttgard Jerman

Sabtu (19/3) dilaksanakan Sosialisasi International Partnership Program dari Global Katalys e.V Suttgard Jerman di SMA Batik 1 Surakarta. Agenda ini merupakan kelanjutan dari diskusi akademik yang sudah dilaksanakan pada 24 Februari 2022 lalu. Kegiatan yang dihadiri oleh para wali siswa dan siswa kelas internasional serta perwakilan kelas reguler; para pimpinan dan koordinator lembaga Internasional yang berada di Eropa untuk Indonesia beserta jajaran pimpinan SMA Batik 1 Surakarta; Penanggung jawab kelas Internasional dan Tim pengembang kelas Internasional SMA Batik 1 Surakarta ini menjelaskan tentang kiat dan strategi dalam menjajaki kerjasama dengan Lembaga Internasional yang berada di Jerman khususnya dalam hal memperoleh beasiswa dan menentukan universitas yang sesuai.

Materi sosialisasi yang disampaikan oleh Doddy Primanda Kadarisman (Director of Strategic Partnership Global Katalys e.V) dan Dr. Nurul Aini, M.Sc.,MBA. ini cukup disambut secara positif yang dapat dilihat dari antusiasme peserta. Antusiasme tersebut dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dari para wali tentang program ini. Pertanyaan-pertanyaan itu diantaranya adalah tentang beasiswa, biaya hidup, lingkungan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan study di luar negeri. Dengan adanya diskusi ini para peserta dapat mendapat jawaban serta mempunyai gambaran sebagai patokan atau panduan untuk menyekolahkan putra putrinya ke luar negeri.

Global Katalyst e.V adalah asosiasi nirlaba yang didirikan di Stuttgart Jerman. Para anggotanya berasal dari berbagai negara dan latar belakang profesi yang secara sukarela berkomitmen untuk bekerja sama merumuskan event-event internasional di berbagai negara. Asosiasi yang terdaftar di kota Kornwestheim di negara bagian Baden-W├╝rttemberg ini bertujuan untuk membangun komunikasi, menjajaki kolaborasi masa depan, dan menjembatani kerjasama antar bangsa di bidang pendidikan, sosial, budaya, dan pariwisata.

Acara yang diinisiasi oleh SMA Batik 1 Surakarta dengan Lembaga Internasional Jerman ini, merupakan salah satu bentuk komitmen SMA Batik 1 Surakarta, melalui kelas internasionalnya untuk menjadikan SMA Batik 1 Surakarta sebagai lembaga pendidikan menengah atas yang bertaraf Internasional.

Doddy Kadarisman, koordinator Jerman untuk Indonesia,sangat mengapresiasi adanya keinginan dari peserta didik kelas Internasional SMA Batik 1 Surakarta dalam program student exchange melalui penyelenggaraan event internasional. Doddy yakin untuk bisa merealisasikan dengan cepat untuk program kerjasamanya, mengingat beberapa alumni SMA Batik 1 Surakarta yang juga sedang menyelesaikan pendidikan di Jerman, Inggris, Taiwan, Malaysia. Didukung pengalaman SMA Batik 1 Surakarta sebagai tim utama perwakilan Indonesia dalam gelaran event Internasional di Singapura, menambahkan spirit untuk memudahkan pengembangan kelas Internasional di SMA Batik 1 Surakarta.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146