SEKILAS INFO
16-05-2022
  • 6 bulan yang lalu / Silahkan melakukan Pendataan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di https://smubatik1-slo.sch.id/ppdb/
  • 6 bulan yang lalu / 08 – 22 November 2021, Pembelajaran Projek bagi siswa Kelas X (Program Sekolah Penggerak)
  • 7 bulan yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
25
Feb 2022
0
SMA Batik 1 Surakarta Siap Membawa Peserta Didik ke Jerman, Ini Langkahnya.

SMA Batik 1 Surakarta menjajaki kerjasama dengan Lembaga Internasional yang berada di Jerman. Sebagai langkah awal penjajakan kerjasama tersebut, diadakannya diskusi akademik dengan Lembaga Internasional yang berada di Stuttgart Jerman secara daring. Diskusi akademik yang dilaksanakan pada Kamis, 24 Februari 2022 melalui Zoommeeting ini, diikuti oleh para pimpinan dan koordinator lembaga Internasional yang berada di Eropa untuk Indonesia beserta jajaran pimpinan SMA Batik 1 Surakarta, Penanggung jawab kelas Internasional dan Tim pengembang kelas Internasional SMA Batik 1 Surakarta.

Acara yang diinisiasi oleh SMA Batik 1 Surakarta dengan Lembaga Internasional Jerman ini, merupakan salah satu bentuk komitmen SMA Batik 1 Surakarta, melalui kelas internasionalnya untuk menjadikan SMA Batik 1 Surakarta sebagai lembaga pendidikan menengah atas yang bertaraf Internasional. 

​Dalam diskusi akademik yang berlangsung hampir 2 jam ini, memberikan banyak keuntungan yang menjanjikan untuk SMA Batik 1 Surakarta dalam pengembangan program kelas internasional yang ideal diterapkan oleh lembaga pendidikan di Eropa terutama yang ada di Jerman. Tidak hanya itu, kerja sama ini juga memberikan peluang besar untuk Peserta didik SMA Batik 1 Surakarta yang ingin study lanjut di Jerman dengan berbagai fasilitas kemudahan serta tahapan dan syarat untuk bisa kuliah di Jerman.

​Kepala SMA Batik 1 Surakarta, Sutana, S.Pd, M.Pd menyampaikan program kerjasama yang akan direalisasikan untuk kedepan; Program kuliah di Jerman untuk lulusan SMA Batik 1 Surakarta, pengembangan program dan kurikulum kelas internasional yang ideal. Sutana, S.Pd, M.Pd juga menambahkan untuk misi pertukaran budaya antar siswa di SMA Batik 1 Surakarta dengan siswa yang ada di Eropa melalui event Internasional.

​Doddy Kadarisma, koordinator Jerman untuk Indonesia,sangat mengapresiasi adanya keinginan dari peserta didikkelas Internasional SMA Batik 1 Surakarta dalam program student exchange melalui penyelenggaraan event internasional. Doddy yakin untuk bisa merealisasikan dengan cepat untuk program kerjasamanya, mengingat beberapa alumni SMA Batik 1 Surakarta yang juga sedang menyelesaikan pendidikan di Jerman, Inggris, Taiwan, Malaysia. Didukung pengalaman SMA Batik 1 Surakarta sebagai team Utama perwakilan Indonesia di event Internasional di Singapura, menambahkan spirit untuk memudahkan pengembangan kelas Internasional di SMA Batik 1 Surakarta.

​MoU (Memorandum of Understanding) untuk mengembangkan program kelas Internasional yang menyangkut study lanjut dan program kelas internasional akan ditandatangani SMA Batik 1 Surakarta dan Lembaga Internasional yang berada di Stuttgart Jerman pada waktu dekat ini. Diskusi akademik selanjutnya mengenai program pengembangan kelas Internasional, pelaksanaan summer program, dan Student exchange akan kembali dibahas di bulan Maret mendatang.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146