SEKILAS INFO
20-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) TA 2024-2025 secara online di https://ppdbsmabatik1.online
19
Dec 2021
0
Workshop Pembelajaran Paradigma Baru

Sebagai salah satu sekolah penggerak, SMA Batik 1 Surakarta menyelenggarakan workshop pembelajaran paradigma baru. Kegiatan ini dilaksanakan di aula sekolah pada Jumat, 17 Desember 2021 dengan menghadirkan narasumber berkompeten dari lembaga pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah yaitu Ibu Dian Fajarwati.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran paradigma baru, agar ke depan seluruh guru memiliki kapasitas dan kompetensi dalam upaya restrukturisasi dan reformasi pendidikan.

Pembelajaran dengan paradigma baru dirancang berdasarkan prinsip pembelajaran yang terdiferensiasi sehingga setiap siswa belajar sesuai dengan kebutuhan dan tahap pengembangannya. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian dan sinkronisasi pada proses pembelajaran di sekolah.

Sebagai sekolah penggerak, institusi pendidikan beserta sumber daya manusia di dalamnya harus siap menjadi penggerak demi terwujudnya visi dan misi pendidikan Indonesia. Pembelajaran paradigma baru fokus pada hasil belajar siswa secara holistik selaras dengan profil pelajar Pancasila. Semua itu akan terwujud diawali dengan membangun SDM yang unggul baik kepala sekolah maupun guru.

Pada dasarnya guru di SMA Batik 1 Surakarta sudah memahami paradigma pembelajaran baru tersebut. Kegiatan untuk workshop kali ini hanya sebagai penguatan saja. Pada kesempatan ini para guru juga diajarkan cara membuat model pembelajaran, media pembelajaran, pengenalan gaya belajar, dan pola pembelajaran siswa sekaligus mengasah kreativitas dan ketrampilan para guru. Di akhir workshop para guru diminta membuat proyek pembelajaran sesuai dengan paradigma baru.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146