SEKILAS INFO
27-11-2022
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendataan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di https://smubatik1-slo.sch.id/ppdb/
  • 1 tahun yang lalu / 08 – 22 November 2021, Pembelajaran Projek bagi siswa Kelas X (Program Sekolah Penggerak)
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
19
Dec 2021
0
LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS) Tahun 2021-2021

SURAKARTA – Sebagai upaya untuk membangkitkan potensi siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan, SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan kegiatan LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS) tahun 2021-2021. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Desember 2021 ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh bidang kesiswaan. Tujuan kegiatan ini tentu saja untuk menyambung tali estafet dari kepengurusan OSIS yang lama dengan yang baru. Selain itu juga sebagai sarana mengaktualisasi potensi siswa dalam hal kepemimpinan (leadership) dan kedisiplinan dalam rangka menyiapkan mereka agar menjadi pribadi yang berakhlaq mulia, mandiri, tangguh dan demokratis. 

LDKO dilaksanakan secara indoor dan outdoor di Gedung SMA Batik 1 Surakarta. Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Sutana selaku kepala sekolah dan dilanjutkan dengan bermacam materi tentang organisasi. Adapun susunan acara hari pertama diawali dengan materi tentang kepemimpinan (leadership) serta kedisiplinan yang dipaparkan oleh Waka kurikulum, Bapak M.Setio Nugroho, yang dilanjutkan dengan materi tentang kedisiplinan dari Ibu Wahdah Rochmawati selaku Waka bidang kesiswaan. Pada hari itu juga disampaikan mengenai program kerja yang dipimpin langsung oleh anggota OSIS senior dan diakhiri dengan materi seperti tata cara melaksanakan rapat, tata tertib dan peraturan organisasi yang disampaikan Bapak Ary Setyono selaku staf kesiswaan. 

Masih di SMA Batik 1 Surakarta, LDKO hari kedua dilaksanakan secara outdoor tepatnya di aula tengah. Pada kegiatan di luar ini, para calon anggota OSIS ini diberi pelatihan baris berbaris (PBB) untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin serta tanggung jawab. Selanjutnya sebagai refreshing, para calon anggota OSIS diajak untuk outbond yang tidak hanya untuk hiburan tapi juga melatih kerjasama tim dan kekompakan. Setelah kegiatan tersebut, para peserta LDKO diajak kembali untuk menerima materi tentang kehumasan dan sponsorship dari Ibu Sri Munarsih selaku Waka Humas dilanjutkan materi tentang komunikasi, managemen konflik, dan administratif organisasi yang disampaikan oleh para alumni yang pernah menjadi pengurus OSIS pada periode-periode sebelumnya. 

Harapannya dari LDKO ini adalah agar siswa/siswi SMA Batik 1 Surakarta mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan yang akan melahirkan sosok pemimpin yang berkarakter kuat, cerdas, nasionalis dan patriotis khususnya di organisasi intra sekolah, dan umumnya untuk kemajuan sekolah serta lingkungan sekitar sehingga tercipta masa depan yang lebih baik. 

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146