SEKILAS INFO
27-11-2022
  • 1 tahun yang lalu / Silahkan melakukan Pendataan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di https://smubatik1-slo.sch.id/ppdb/
  • 1 tahun yang lalu / 08 – 22 November 2021, Pembelajaran Projek bagi siswa Kelas X (Program Sekolah Penggerak)
  • 1 tahun yang lalu / Jangan lupa selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (5M)
29
Nov 2021
0
Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMA Batik 1 Surakarta

Surakarta-Dilaksanakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Batik 1 Surakarta pada 18-19 November 2021. Kegiatan ini merupakan gelaran hasil karya para siswa kelas X yang berupa hasil proyek. Proyek tersebut merupakan hasil kolaborasi antara beberapa mata pelajaran dengan tema yang sudah disepakati bersama yaitu tentang kearifan lokal. Di mana melalui tema ini diharapkan para siswa mau untuk mempelajari dan mengenali identitas budaya kita melalui proses pengumpulan data untuk proyek tersebut. Setelah data terkumpul, didiskusikan, dan diolah makanyang berikutnya dipresentasikan didepan guru penguji. 

Pelaksanaan kegiatan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Batik 1 Surakarta ini dilaksanakan pada akhir semester. Peseta didik harus menyelesaikan tema yang ditemtukan pada setiap semester. Tema yang diambil mengacu pada Profil Pelajar Pancasila dan penentuan pemilihan tema yang ditentukan bersama oleh para guru yang bertanggung jawab. Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan proyek penguatan pelajar pancasila ini didampingi oleh guru mata pelajaran, pembina dan wali kelas dengan tetap melibatkan orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung dan pihak sekolah mengadakan pemantauan terkait kegiatan proyek tersebut. Di mana alur pada pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek ini adalah sebagai berikut: yang pertama, tema proyek Profil Pelajar Pancasila tiap mata pelajaran dilaksankan pada saat pembelajaran di kelas; kedua, tiap kelas menentukan tema yang akan dipilih dengan didampingi guru mata pelajaran masing-maisng kelas; ketiga, guru mata pelajaran saling berkoordinasi untuk menetukan jadwal dan kolaborator yang sesuai; keempat, kelompok mata pelajaran kemudian mendesain proyek yang sesuai dengan tema yang dipilih; dan terakhir guru mata pelajaran kemudian merancang kisi-kisi, materi dan penilaian proyek beserta Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). 

Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci keenam kompetensi tersebut saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh. Keenam dimensi tersebut adalah : 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, 2) Berkebhinekaan Global, 3) Bergotong royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar kritis, 6) Kreatif. Dimensi-dimensi tersebut menunjukan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai masyarakat Indonesia.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146