SEKILAS INFO
02-12-2020
  • 1 bulan yang lalu / 25 November – 4 Desember 2020 – Penilaian Akhir Semester Ganjil TP 2020/2021
  • 1 bulan yang lalu / Selamat atas terpilihnya ALIF A RAFI sebagai Ketua OSIS Tahun 2020/2021
25
Apr 2019
0
Welcome Participants of the Training on Strategic Partnership with Muslim Religious Leaders (MRLs) in Family Planning

at Senior High School BATIK 1 SURAKARTA Kerja sama dgn Indonesia South Cooperation, BKKBN, Kementerian Sekretariat Negara, dan UNFPA

Sukses dan Jaya SMA BATIK 1

Solo-Jawa Tengah, 21-28 April 2019

SMA Batik1 menjadi salah  satu bagian dari Objek Study yang diamati terkait implementasi Perencanaan Keluarga (KB)  dan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Sebuah kebanggaan manakala para peserta memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap program2 sekolah baik yang terintegrasi di dalam pembelajaran maupun kegiatan2 ekstra yang ada di sekolah.

Tari Saman isebagai tarian pembuka menyambut kedatangan para peserta, di peragakan oleh para siswi tak canggung mereka mencoba ikut menari bersama menari tarian dari provinsi Aceh tersebut. Dilanjutkan dengan melihat dan mengamati tradisi membatik yang juga diperagakan oleh para siswa dan siswi SMA Batik 1 Surakarta dan membuat mereka juga penasaran untuk mencoba. Tak jauh alunan gamelan terdengar mengiringi para pembatik sehingga para peserta pun akhirnya juga tertarik untuk mencoba ikut menabuh gamelan.Acara dilanjutkan dengan bermain bersama permainan Ular tangga Genre (Generasi Berencana).

Sudah menjadi tujuan dari sekolah ini untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik menjadi generasi muslim yang sholih-sholihah salah satunya melalui pendidikan pasca akil baliq yaitu Family Planning dan Kesehatan Reproduksi remaja yang terintegrasi dalam pembelajaran. Sehingga mereka sangat mengetahui fungsi organ di  tubuh m ereka dan memahami nilai positif dan nilai negatif terkait keberadaannya. Dengan demikian pendidikan pasca Akil Baliq menjadi sebuah pembelajaran penting untuk menuju kedewasaan mereka.

Hal tersebut tak lepas dari peran dan tugas lembaga BKKBN baik pusat maupun daerah untuk memberikan pelatihan dan support terkait kegiatan tersebut sehingga para calon orangtua yang masih duduk di bangku sekolah ini akan meiliki pengetahuan yang matang terkait perencanaan keluarga dan kesehatan reproduksi baik di masa remaja maupun pasca menikah nantinya dikemudian hari.

Sungguh menjadi pengalaman berharga bagi kami berhadapan dengan para peserta yang merupakan pemimpin di negaranya masing2, membuat kami juga banyak belajar lagi terkait program yang dilakukan BKKBN ini. Semoga apa yang diperoleh dari sekolah kami menjadi sebuah ilmu yaang bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi dalam penerapan Pendidikan Perencaaan Keluarga dan Kesehatan reproduksi remaja di negara mereka nantinya.

Data Sekolah

SMA BATIK 1 SURAKARTA

NPSN : 20327935

JL. SLAMET RIYADI 445 SURAKARTA
KEC. LAWEYAN
KAB. KOTA SURAKARTA
PROV. JAWA TENGAH
KODE POS 57146