Pembiasaan Baik di SMA Batik 1 Surakarta (2)

Membaca Al Quran menjadi sebuah kewajiban bagi umat Islam. SMA Batik 1 Surakarta sebagai sekolah berusaha mewujudkan salah satu Visi dan Misi yakni mewujudkan Iman dan Taqwa. Salah satu ciri orang yang bertaqwa adalah selalu membaca kitabnya yakni Al Quran. Sebagaimana dalam hadits : “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya,” (HR. At-Tirmidzi)

Adapun arahan untuk jumlah ayat yang dibaca secara bertahap akan ditingkatkan. Guru sudah ada anjuran membaca Al Quran di hari tertentu dengan jumlah separuh juz. Program yang sedang berjalan adalah KAMIS AL KAHFI. Jumlah ayat dibaca sebagaimana dalam hadits dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari No. 5054).

Pembiasaan berupa membaca Al Quran dimulai saat awal pembelajaran, hari Jumat pagi saat pengajian, Pengajian klasikal DAMBA juga seringnya diadakan khataman membaca Al Quran 30 Juz. seperti halnya hari ini (2/12) Khotmil Qur’an 30 Juz sebagai bentuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Melalui pembiasaan-pembiasaan ini diharap siswa terbiasa tilawah Al Quran baik di sekolah maupun rumah minimal khatam dalam waktu 1 bulan. Melalui tilawah Al Quran SISWA SUKSES.

#banggasekolahdismabatik1solo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *