Pembiasaan Baik di SMA Batik 1 Surakarta (1)

Sesuai Visi & Misi, SMA Batik 1 Surakarta berusaha mewujudkan melalui pembiasaan dalam berdisiplin. Dimulai dari berpakaian dan masuk sekolah jam 06.25 WIB, dengan tata tertib tak terlambat dan apabila tak hadir maka orangtua yang mengijinkan. Setiap ada kegiatan maka akan dilaksanakan tepat waktu. Acara pengajian, upacara bendera, penilaian, senam dan lain sebagainya dilaksanakan tepat waktu.

Disiplin adalah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Disiplin berasal dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang berarti pengikut atau murid.

Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Perkataan disiplin mempunyai arti latihan dan ketaatan kepada aturan. Dengan melaksanakan disiplin, berarti semua pihak dapat menjamin kelangsungan hidup dan kelancaran kegiatan belajar, bekerja, dan berusaha.

Adapun manfaat disiplin adalah Menumbuhkan kepatuhan, Produktif, Mengajarkan keteraturan, Menumbuhkan kepekaan, Menumbuhkan percaya diri, Menumbuhkan kepedulian, Menumbuhkan ketenangan, Menumbuhkan  kemandirian, Membantu perkembangan otak dan Menumbuhkan Rasa hormat terhadap otoritas/ kewenangan.

Harapan sekolah melalui pembiasaan disiplin akan menjadikan SISWA SUKSES. Aamiin.

#banggasekolahdismabatik1solo

(Tn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *