PELATIHAN VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY

Kegiatan Pelatihan ICT “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality untuk Pembelajaran serta Promosi Wisata Surakarta” SMA BATIK 1 SURAKARTA, 06 November -10 November 2017

Pelatihan Virtual Reality (hari 1)

Kegiatan Pelatihan ICT “Pemanfaatan Teknologi Virtual Realaity dan Augemented Reality untuk Pembelajaran serta Promosi Wisata Surakarta” di hari pertama berjalan lancar. Kegiatan ini pada hari Senin, 6 November 2017 jam 08.00 – 15.00 WIB bertempat di Aula SMA Batik 1 Surakarta. Pelatihan ini hasil kerjasama antara SEAMOLEC dan SMA Batik 1 Surakarta. Peserta yang hadir guru dan siswa dari SMA Negeri dan Swasta dari Surakarta.

Kegiatan pelatihan di hari pertama diawali dengan Pembukaan. Sambutan pertama dari Kepala SMA Batik 1 Surakarta yakni Drs. Literzet Sobri, M. Pd. Beliau menyampaikan “manfaatkan kegiatan pelatihan dengan maksimal karena tak banyak kesempatan diberikan guru dan siswa, apalagi pelatihan ICT ini pertama secara luring di Indonesia”. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Budi Sartono, M. Si. Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Surakarta ini mengatakan “Virtual menjadi pilihan di masa depan. Banyak pekerjaan yang akan hilang terkait mudah akses di dunia virtual ini. Dunia Pendidikan perlu mempersiapkan dengan system pembelajaran yang sesuai dengan masanya”

Pelatihan diawali dengan pengenalan SEAMOLEC oleh bapak Puryanto. Tim SEAMOLEC yang terdiri 3 personel ini di hari pertama mengajarkan pengenalan teknologi virtual reality dan Augmented Reality, merancang scenario/storyline. Rencana di hari kedua akan digunakan untuk observasi dan pengambilan gambar di museum.
Pelatihan Virtual Reality (hari 2)

Hari kedua kegiatan Pelatihan yang dilakukan di SMA Batik 1 Surakarta ini berjalan lebih heboh lagi. Pasalnya Direktur SEAMOLEC hadir di tengah pelatihan. Dr. Abi Sujak menyempatkan diri hadir untuk memberikan semangat bagi peserta pelatihan ini. Beliau berpesan saat memberikan sambutan, “ Manfaatkan pelatihan virtual reality ini secara maksimal, desiminasikan kepada rekan yang lain, suatu saat pelatihan ini akan bermanfaat” lebih lanjut beliau mengatakan bahwa “ Nanti hasil pelatihan akan diikutkan dalam lomba virtual reality tingkat asia tenggara”

Dr. Abi juga berkesempatan untuk berkeliling melihat lebih dekat SMA Batik 1 Surakarta, beliau melihat ICT Center, Lab Komputer juga lavatory terbaru yang mirip lavatory yang ada di bandara internasional. Kepala SMA Batik 1 Surakarta saat menyambut pak Abi juga berpesan kepada peserta bahwa suatu saat hasil pelatihan akan bermanfaat bagi diri dan lingkungan.

Setelah sambutan Direktur SEAMOLEC, peserta diajak untuk observasi dan pengambilan dokumen menggunakan kamera 360o untuk bahan pembuatan Virtual Reality. Peserta dan tim SEAMOLEC pun mengambil dokumen di Museum Keris yang beberapa bulan lalu diresmikan Bapak Jokowi Presiden RI. Setelah pengambilan gambar di Museum Keris dilanjutkan di Cagar Budaya Museum Radya Pustaka Kota Surakarta. Di akhir kegiatan peserta juga berkesempatan melihat pembuatan kain batik di Batik Kumoro (Kampung Laweyan).

Pelatihan Virtual Reality (hari 3)

Hari ketiga kegiatan Pelatihan berjalan lebih serius. Pasalnya setelah pengambilan dokumen yang dilakukan kemarin kegitan selanjutnya adalah merangkai menjadi video 360o. Di awal dilakukan penginstalan software aplikasi 360o  yakni Gear 360o Action Direction.
Kemudian peserta mulai merangkai video 360o  juga foto yg diambil saat ke museum juga pabrik batik. Butuh laptop yg josss dan kesabaran demi sebuah karya yg inovatif.
Pelatihan Virtual Reality (hari 4)

Hari keempat peserta diminta menyelesaikan dan menampilkan tugas Video Virtual Reality, baik museum keris maupun museum radya pustaka. Di akhir acara hari ke 4 peserta sudah mengumpulkan tugas.
Pelatihan Virtual Reality (hari ke 5)

Di hari ke 5 sebelum dilakukan penutupan peserta mendapatkan materi pelatihan Augmented Reality dimana Siswa diminta membuat produk berbasis Augmented Reality. Setelah semua materi dan tugas terselesaikan pelatihanpun ditutup oleh Kepala SMA Batik 1 Surakarta: Drs. Literzet Sobri, M. Pd. Beliau berpesan “Kembangkan dan deseminasikan kepada rekan yang lain. Yakinlah suatu saat ilmu ini akan bermanfaat”

Ketemu lagi di lomba Virtual Reality tingkat Nasional dan Asia Tenggara. Tunjukkan kita, siswa solo mampu berprestasi.
Selamat kepada peserta Pelatihan ICT.

 

 

Liputan pelatihan virtual reality kerjasama seamolec dan sma batik 1 surakarta. Solopos, sabtu kliwon, 11 november 2017.

Semangat berkarya melalui virtual reality.

#banggasekolahdismabatik1ska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *