Monthly Archives: Januari 2018

Pembiasaan Baik di SMA Batik 1 Surakarta (4)

4. Berwirausaha
Berwirausaha tidak ada matinya. Peluang wirausaha selalu terbuka bagi siapapun yang memiliki niat, tekad, serta keuletan, bila anda ingin menjadi wirausahawan. SMA Batik 1 Surakarta dengan siswa juga tak mau ketinggalan dalam berwirausaha. Dimulai Bantuan Pemerintah Program Kewirausahaan di Tahun 2016 kemudian berlanjut di tahun 2017.Siswa kelas X dididik untuk mampu “Jadi Juragan” seperti slogan KWU di SMA Batik 1 Surakarta. Program Kewirausahaan dimulai sosialisasi, motivasi dari wirausahawan, IHT pembuatan proposal dilanjutkan pemberian stimulan dan diakhiri dengan bazar.

Semoga melalui program kewirausahaan ini memacu siswa untuk men-JADI JURAGAN. Selanjutnya bagi siswa yang ingin berwirausahawa bisa menghubungi sekolah untuk mendapatkan stimulan bagi kegiatannya. Kegiatan ini tak hanya berlaku kelas X tapi juga kelas XI dan XII.

#banggasekolahdismabatik1solo
#smabatik1solo

PEMBIASAAN SHOLAT LAIL

Pelaksanaan ibadah sholat lail berjamaah di sekolah. Hal ini merupakan bagian dari upaya pembiasaan baik yang dilakukan oleh sekolah dan untuk lebih memperkokoh penanaman akhlaqul karimah. Kegiatan yang dilakukan malam hari ini diawali dengan tadarus Al-quran kemudian dilanjutkan dengan sholat lail berjamaah dan do’a bersama.
Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap do’a dan ihtiar kita. Aamiin yaa robbal’alamiin…

 

#banggasekolahdismabatik1solo #smabatik1solo #smabatik1surakarta #solo #batik

TRY OUT UN SMP/MTs 2018

YANG MUDA BERPRESTASI

Suryono, S.S
Guru Bahasa Jawa kelahiran Rembang, 19 Nopember 1988 ini mengajar di SMA Batik 1 Surakarta. Mengikuti ajang Lomba Menulis Cerita Berbahasa Jawa Kategori Pendidik yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Surakarta di tahun 2017  beliau mengusung cerita “Pengen Sekolah“, cerita ini menceritakan tokoh Deri seorang siswa yang mempunyai keinginan tinggi untuk meneruskan sekolah tetapi terkendala dalam hal ekonomi dan perilaku yang kurang baik dari orang dekatnya.

Cerita yang ditulis oleh pria lulusan Sastra Jawa UNS ini didasarkan pengalaman nyata yang ditemuinya selama mengajar. Cerita ini mampu menghantarkan beliau memperoleh “Juara 2” dari sekian banyak peserta dari kategori Pendidik (SD-SMP-SMA).

Prestasi yang telah dicapai semakin mengentalkan kembali budaya Prestasi yang dibangun oleh sekolah ini. Semoga apa yang telah beliau capai mampu memotivasi insan-insan lain untuk berprestasi.

“Berprestasilah dengan caramu sendiri, karena prestasi adalah hasil dari menguji diri bukan hasil memuji diri”.

#banggasekolahdismabatik1solo #smabatik1solo #smabatik1surakarta

#batik#solo #surakarta #sekolah

(Smile)

SMA BATIK BER-AKSI, ALUMNI BERKOLABORASI

SMA BATIK BER-AKSI, merupakan program sekolah dalam menjembatani alumi yang saat ini masih kuliah dengan adik-adik kelas mereka. Dalam kegiatan ini mereka diajak untuk berinteraksi dikelas, memberikan  motivasi kepada adik-adik mereka dan memperkenalkan kampus tempat mereka melanjutkan pendidikan sekarang.